Daerah

Irwan Hamid Letakkan Batu Pertama Program KotaKu di Paleteang

AKARBERITA.com, Pinrang – Bupati Pinrang Irwan Hamid melakukan peletakan batu pertama pembangunan bantuan untuk masyarakat Program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu), yaitu Tempat Pengelohan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R), di Kelurahan Pacongang, Kecamatan Paleteang, Selasa (2/7).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang bersama masyarakat bersinergi dalam membangun gerakan bersama untuk penanganan kumuh perkotaan di Pinrang. Peletakan batu pertama Program KotaKu disaksikn Kadis Lingkungan Hidup Sudirman Sultan, Plt Kadis PUPR Pinrang Budaya, Kepala Satker PIP A Harman, Camat Paleteang Fakhrullah dan Kordinator Kota 2 Milkar Latief.

Asisten Kota Mandiri M Rizal menjelaskan, program KotaKu merupakan program pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh nasional, yang merupakan penjabaran dari rencana strategis Direktorat Jenderal Cipta karya 2015-2019.

“Program KotaKu dirancang dengan pemerintah daerah sebagai nakhoda dalam mewujudkan permukiman layak huni, berkelanjutan dan berkalaborasi sebagai Platform serta masyarakat sebagai penanganan kumuh,’ ungkapnya.

Sedangkan untuk anggaran yang dikeluarkan, lanjut Rizal, di Keluaraham Pacongang sebesar Rp595 Juta lebih, dan dalam waktu dekat program KotaKu juga akan dilaksanakan di Kelurahan Temmassarangnge Kecamatan Paleteang dengan anggaran Rp1 milyar.

Sementara Bupati Pinrang Irwan Hamid mengatakan, program KotaKu ini guna meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

“Program KotaKu nantinya diharapkan bukan saja di Kecamatan Paleteang saja, tapi akan bergeser kecamatan lain,” ujaranya.

Irwan juga menekankan perlunya kesadaran khususnya masyarakat agar yang dibangun dapat dipelihara, disamping itu anggaran kelurahan agar dimanfaatkan dapat membeli pengangkut sampah

(Hecha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!