Daerah

Tari Tarompa, Kreasi Baru Seni Budaya Pinrang

 

AKARBERITA.com, Pinrang – Salah satu pegelaran seni tari yang ditampilkan pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang yang ke-58 tahun, saat ratusan dara cantik dengan pakaian adat menampilkan tarian muliti etnis.

Salah satu tarian yang mencuri perhatian undangan adalah atraksi Tari Tarompa.  Iringan gendang dan kecapi yang dilantunkan orkestra musik etnis mengiringi dara dara ayu berpakaian adat bugis berjumlah 40 orang.

Armi Arifin, pembina tari yang sekaligus pelatih dan pencipta tari Tarompa mengaku secara khusus mempersembahkan tari kreasi tersebut, sebagai kado untuk hari jadi bumi Lasinrang.

Armi menjelaskan, pada dasarnya tari Tarompa hampir sama tari lain. Yang berbeda, kata dia, tari tarompa yang ditampilkan menggunakan alas kaki yang terbuat dari papan sepanjang 1 meter. “Sama seperti alas yang digunakan pada olahraga tradisional Tarompa,” jelas Armi yang juga Kepala SDN 187 Pinrang tersebut.

Penari yang dilibatkan, tambah Armi, adalah penari-penari pilihan yang diseleksi dan telah melalui latihan khusus selama satu bulan, melibatkan koreografer Andi Balele. “Tari Tarompa bukan sekedar tarian. Tapi di dalamnya terkandung makna kerjasama, ketangkasan dan kekompakan,” ujarnya.

(Hecha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!