Daerah

Ratusan Lapak Di Pasar Lakessi Siap Ditempati

Posted on

AKARBERITA.com, Parepare – Dinas Perdagangan Kota Parepare memindahkan pedagang pangan basah dan pangan kering Pasar Lakessi Kota Parepare, hal tersebut dilakukan pasca dilakukan perbaikan dan relokasi pedagang beberapa bulan lalu, Minggu (11/10).

Plt Kadis Perdagangan Parepare, Hasan Ginca, mengatakan pemindahan para pedagang ini merupakan pedagang yang kena dampak relokasi pada saat pasar tersebut akan dibangun.

“Jadi hari ini kita pindahkan kembali berdasarkan data itu dengan rincian yaitu pedagang basah sebanyak 110 lods, pedagang kering 176 lods, dan kios sebanyak 27. Jadi keseluruhannya sebanyak 313 yang merupakan kios dan lods pangan basah dan pangan kering,” urainya.

Pemindahan pedagang relokasi ini dilakukan agar penataan pasar jauh lebih rapih dan tampak teratur dibanding sebelumnya. Ini juga kata dia, Sesuai harapan Wali Kota Parepare bahwa masyarakat pedagang ini betul-betul dikawal hingga kembali menempati tempat hak mereka yang telah ditata.

“Kita lakukan relokasi ini sesuai data yang kami verifikasi, dan ada dua kategori yaitu dampak utama dan dampak irisan. Karena kata dia, masih ada beberapa pedagang yang belum tercover dikarenakan kapasitas lods yang masih terbatas.

Pemerintah Kota tambah dia, ke depan akan mengupayakan agar pedagang yang belum tercover dapat memiliki lods ataupun kios.

“Sesuai laporan juga, pedagang yang sudah tidak tercover itu ada yang sudah tidak berprofesi sebagai pedagang lagi, ada juga yang tidak di Parepare lagi, juga ada yang meninggal,”tandasnya.

Hasan menambahkan, bahwa pihaknya melakukan proses pendataan dan registrasi pedagang selama 2 hari, dan akan mengupayakan akan rampung hingga selasa 13 Oktober.

“2 hari kami menargetkan perampungan relokasi para pedagang untuk menempati kios dan lods yang sudah dilakukan secara pengundian. Kita lakukan secara pengundian untuk menghilangkan image ada keberpihakan terhadap para pedagang,”tutupnya.

(Syari)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Copyright © 2017 PT MEDIA MEGA DALLE. All Right Reserved.