Daerah

Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di Barru

Posted on

AKARBERITA.com, Barru – Bencana yang terjadi disejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Barru, mendapat perhatian besar dari Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah.

Nurdin langsung menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar cepat tanggap dengan menyalurkan bantuan pada para korban. Selain kebutuhan pokok berupa sembako, juga disalurkan pakai layak pakai, makanan belita dan sejumlah logistik lainnya.
“Dapur umum juga dibuka untuk memudahkan para korban jika membutuhkan makanan atau minuman,” Nurdin menjelaskan.

Terkait bantuan dalam bentuk dana, kata Nurdin, pihaknya mengingatkan pemkab Barru agar melakukan koordinasi dengan Pemprov Sulsel. Nurdin juga meminta kepada Pemda Barru agar mempercepat semua kebutuhan masyarakat yang kena musibah itu.

“Tidak usah tunggu-tunggu agar masyarakat langsung menikmati dan tahu jika pemerintah hadir, baik itu pemprov, pemkab maupun pemerintah pusat. Harus diselesaikan dengan segera,” tegas Nurdin.

Nurdin juga meminta pada Bupati Barru, Suardi Saleh agar mengambil langkah taktis lain juga guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang terkena dampak bencana.

Sekadar diketahui, beberapa wilayah yang terkena bencana di Barru, diantaranya Kecamatan Balusu, Barru dan Kecamatan Tarie Ajeng, Barru. Di Kecamatan Balusu, tepatnya di Kelurahan Takkalasi, bahkan menelan nyawa, seorang anak bernama Fajrin berusia lima tahun.

Sementara Kelurahan Takkalasi, Balusu, Lampoko, Madello dan Simpang Binangae mengalami kerugian infrastruktur, lahan pertanian dan lahan tambak yang cukup banyak. Kerugian infrastruktur diperkirakan mencapai Rp7,8 miliar, kerugian lahan pertanian sekitar Rp 133 juta dan kerugian lahan tambak ditaksir mencapai Rp3,3 miliar.

Diketahui, bencana angin kencang meluluh lantakkan ratusan rumah warga dan rumah ibadah pada tanggal 5 Januari 2020. Luapan banjir pun turut merendam tiga kecamatan pada tanggal 12 Januari 2020 kemarin, dengan ketinggian mencapai 125 centimeter, di Kelurahan Takkalasi.

(Yudha)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Copyright © 2017 PT MEDIA MEGA DALLE. All Right Reserved.