Daerah

Musyawarah Appalili Wadah Penyaluran Aspirasi Petani

AKARBERITA.com, Gowa – Musyawarah Appalili merupakan tradisi yang dilakukan secara turun temurun dari masa kerajaan hingga saat ini sebagai penanda masuknya awal musim tanam bagi para kelompok tani.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini tuntutan dan kebutuhan petani pun mengalami pergeseran.

Hingga saat ini, Appalili menjadi wadah penyaluran aspirasi melalui musyawarah untuk mencapai mufakat antara petani, pelaku usaha, pemerhati pertanian dan pemerintah dalam menyusun rencana program di tahun-tahun berikutnya.

“Dengan adanya musyawarah Appalili ini dapat menghasilkan program pertanian yang betul-betul bermanfaat bagi para petani. Terutama langkah-langkah dalam meningkatkan hasil pertanian di tahun-tahun mendatang,” katanya saat membuka Musyawarah Appalili Gowa di Lapangan Desa Barembeng, Kecamatan Bontonompo, Kamis (5/12).

Menurutnya, dalam pencapaian tersebut maka yang perlu dilakukan antara lain, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumberdaya manusia dalam hal ini kelompok tani dan penyuluh pertanian, peningkatan produktivitas hasil-hasil pertanian khususnya beberapa komoditas unggulan di Gowa yakni padi, palawija, ubi jalar dan beberapa komoditas holtikultura.

“Jika hasil pertanian pada komoditas ini meningkatkan maka tentunya akan memberikan kontribusi nilai tambah bagi petani menuju ketersediaan pangan di tahun-tahun mendatang,” harapnya.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!