Regional

Longsor di Tompo Ladang Maros, Akses Maros-Bone Ditutup Sementara  

Posted on

AKARBERITA.COM, Maros – Tanah longsor terjadi di wilayah Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Kamis dini hari (25/1/2024). Longsor menutupi seluruh badan jalan.

Camat Mallawa, Kemal Wahyudi mengatakan, kejadian tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 01.00 Wita. Longsor, kata dia, diakibatkan oleh cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir di Maros. “Malam tadi, hujannya memang deras, disertai angin kencang,” katanya.

Saat ini, kata dia, akses jalan masih ditutup, sementara proses evakuasi masih terus berlangsung. “Evakuasinya mulai pukul 06.00 Wita, hingga sekarang,” katanya.

Dia menyebutkan, untuk mengangkut material longsor, pihak pemerintah dan instansi terkait melakukan gotong royong. Bahkan dua alat berat diturunkan untuk mempercepat proses evakuasi.

“Kita masih bergerak pelan-pelan, karena longsor masih dalam kondisi labil. Masih ada beberapa batuan yang sepertinya akan jatuh, jadi bahaya,” paparnya.

Sementara Kapolsek Mallawa, Iptu Syarifuddin Mado mengatakan, saat ini kemacetan sudah terjadi di dua arah, yakni menuju Maros kota dan Bone. Panjang kemacetan diperkirakan sepanjang satu kilometer.

Namun saat ini pihaknya belum berani membuka jalan lantaran batu yang ada di tebing masih rawan. “Bukit disini kan hanya diikat oleh akar kayu, dan itu masih begeser ,” ucapnya.

Dia pun memprediksi kemacetan akan terjadi hingga sore hari. “Paling cepat itu sore, kami sudah imbau untuk lewat jalur dua, tapi kalau tidak mau tah harap bersabar,” tandasnya.

(Najmi S)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Copyright © 2017 PT MEDIA MEGA DALLE. All Right Reserved.