Regional

Delapan Kecamatan di Maros, Rawan Bencana

Posted on

AKARBERITA.COM, Maros – Pemerintah Kabupaten Maros, memetakan kecamatan dengan tingkat rawan bencana banjir paling tinggi.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan, ada delapan kecamatan yang paling rawan terkena banjir saat cuaca buruk seperti saat ini.

Chaidir menyebutkan delapan kecamatan tersebut diantaranya Bontoa, Maros Baru, Lau, Turikale, Simbang Bantimurung, Tompobulu dan Moncongloe. “Delapan daerah ini menjadi pusat perhatian kami ketika cuaca buruk seperti saat ini,” ujarnya.

Dia pun menghimbau kepada warga di delapan kecamatan ini untuk mulai bersiaga.

“Apalagi kata dia kondisi air yang cukup deras dari hulu. Jangan sampai ada luapan dari hulu sehingga mengakibatkan banjir,” katanya.

Tak hanya itu, seluruh petugas tanggap bencana juga diharapkan bisa menjaga kesehatan, agar proses penanggulangan bencana berjalan dengan baik.

Sementara Kepala BPBD Maros Fadli menambahkan, pihaknya mulai bersiaga dan menyuapkan sarana dan prasana seperti mesin chain saw, perahu karet, mobil operasional dan lainnya.

Pihaknya pun telah menyediakan posko utama untuk penanganan bencana di Maros. ” Di dalamnya ada satgas TRC BPBD standby siaga 24 jam untuk menanggapi laporan kejadian bencana yang setiap saat bisa saja terjadi,” tutupnya.

Dia menyebutkan ada 50 personel BPBD yang dibagi dalam tiga regu untuk bersiaga di posko utama.

“Tapi kami tetap berkoordinasi dengan teman-teman dari TNI Polri dan organisasi lain seperti Tagana, PMI dan Pramuka Peduli yang bisa ikut membantu kami saat ada bencana,” tandasnya.

(Najmi S)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Copyright © 2017 PT MEDIA MEGA DALLE. All Right Reserved.