Politik & Parlemen

Debat Kandidat Hari Ini Terbagi Enam Sesi

AKARBERITA.com, Parepare – Debat kandidat perdana yang akan digelar di gedung Islamic Centre Parepare, Kamis (29/3) hari ini, direncanakan berlangsung selama 1,5 jam dan akan dibagi menjadi enam sesi. Dua Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) dan Achmad Faisal Andi Sapada-Asriady Samad (FAS), akan mendapat porsi waktu yang sama pada tiap sesinya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare Nur Nahdiyah menjelaskan, terkait pembagian sesi pada debat yang akan dipandu Ketua Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar M Iqbal Sultan tersebut, secara tehnis seluruhnya diatur dan melibatkan Liasion Organizer (LO), moderator dan pihak stasiun televisi yang nantinya akan menyiarkan secara langsung pelaksanaan debat. “KPU hanya sebatas menfasilitasi,” ujarnya.

Nahdiyah menggambarkan, enam sesi pada debat siang nanti diantaranya penyampaian visi dan misi oleh para paslon, sesi pertanyaan oleh moderator pada para paslon yang kemudian ditanggapi oleh masing-masing paslon, sesi pasangan kandidat melontarkan pertanyaan ke kendidat lainnya dan sesi terakhir yakni closing statement. “Pada sesi terakhir, tiap paslon akan diberi kesempatan untuk menyampaikan intisari dari tema debat yang nantinya digelar,” ujarnya.

Dan untuk memaksimalkan jalannya pelaksanaan debat agar tetap kondusif, tambah Nahdiyah, nantinya jumlah pendukung tiap paslon yang diperbolehkan berada dalam ruang debat masing-masing dibatasi hanya 75 orang perpaslon. “Selain karena keterbatasan tempat, juga agar pelaksanaan debat dapat berjalan lancar sehingga para paslon bisa tetap fokus selama pelaksanaan debat,” katanya.

Adapun tema debat perdana hari ini, terkait hukum pemerintahan, pemerataan ekonomi dan sosiologi perkotaan dan melibatkan tiga panelis yang identitasnya baru akan dibuka pada saat pelaksanaan debat.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!