Daerah

Dandim 1409 Gowa Apresiasi Upacara Pasukan Tubarania

Posted on

AKARBERITA.com, Gowa – Dandim 1409 Gowa Letkol Arh Nur Subekhi memberikan apresiasi terhadap upacara pergantian Tubarania yang rutin digelar Pemkab Gowa setiap tanggal 17.

Ia mengatakan, dirinya mendapat kesempatan menjadi inspektur upacara pada pergantian jaga pasukan Tubarania beberapa waktu lalu yang digelar Pemkab Gowa di halaman Museum Balla Lompoa.

“Upacara seperti ini sangat bagus. Pasalnya masyarakat akan mengetahui sejarah dan budaya berdirinya kerajaan Gowa yang dibacakan oleh pembawa acara. Apalagi bagi generasi muda kita agar mengetahui adanya budaya-budaya Gowa yang patut diketahui,” katanya.

Dikatakan Nur Subekhi, tradisi ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, sehingga dirinya merasa bangga terhadap Pemkab Gowa karena mampu mempertahankan hingga sekarang.

Sekadar diketahui, kegiatan ini ditandai dengan adanya puluhan pasukan tubarani mengenakan pakaian adat warna merah lengkap bersama senjata khasnya dan membawa pataka memasuki lapangan upacara diiringi dengan tabuhan gendang.

Selain itu, upacara tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa makassar, baik pada saat pemimpin pasukan tubarani melapor kepada inspektur upacara maupun pada saat mengintruksikan anggotanya.

Menarik sebelum upacara dimulai Dandim Gowa ini berusaha melafalkan beberapa instruksi dalam bahasa Makassar. ” Saya belajar apa-apa yang diucapkan dan bagaimana pengucapakan supaya fasih. Bahkan saya mencatat di telapak tangan supaya tidak lupa, ” memperlihatkan catatannya.

Selain upacara rangkaian pergantian jaga diisi dengan penampilan musik tauriolo yang membawakan beberala lagu makassar dengan lantunan indah.

(Henra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Copyright © 2017 PT MEDIA MEGA DALLE. All Right Reserved.