Daerah

Bandara Sultan Hasanuddin-KKP Makassar Pasang Thermal Scanner

Posted on

AKARBERITA.com, Maros – Pasca virus corona atau Covid-19 merebak, Manajemen Bandara Sultan Hasanuddin bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 1 Makassar mulai memasang thermal scanner di area kedatangan.

Diketahui sebelumnya pemasangan alat tersebut baru dilakukan di area kedatangan internasional. Maka terhitung mulai minggu kemarin (8/3) alat tersebut mulai dipasang di area kedatangan domestik.

General Manager Bandara Sultan Hasanuddin PT Angkasa Pura I Wahyudi menuturkan, pemasangan alat thermal scanner di area domestik ini merupakan perintah langsung dari Kementrian Perhubungan yang mengharuskan semua bandara memasang alat tersebut di area kedatangan domestik.

“Alat ini sudah dipasang dua hari, tapi kami baru menggunakannya. Ini merupakan alat kedua yang dipasang di Bandara. Satunya dipasang di area kedatangan Internasional, dan itu sudah sejak awal kita pasang. Disini, untuk area domestik kembali dipasang atas instruksi Kementrian Perhubungan,” jelasnya.

Dia mengatakan, alat thermal scan ini bisa mendeteksi suhu beberapa orang sekaligus. Sehingga nantinya bila ada pengguna jasa bandara yang suhu tubuhnya di atas 38,0° C maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Namun sejauh ini tidak ada penumpang yang memiliki suhu tubuh sampai 38,0° C. Rata-rata suhu tubuhnya hanya berkisar 35-36° C. Tentu saja kami berharap semua penumpang dan pengguna jasa bandara memiliki suhu tubuh normal,” jelasnya.

Menyinggung mengenai jumlah penumpang pesawat selama kasus virus Corona ini merebak, Wahyudi menjelaskan, ada tren penurunan jumlah penumpang. Utamanya untuk penumpang luar negeri. Ada sekitar penurunan jumlah penumpang  15% sampai 18% dari tahun lalu.

“Trennya menurun bila dibandingkan tahun lalu. Apalagi setelah pemerintah Arab Saudi mengumumkan pelarangan sementara penerbangan untuk jamaah umroh. Ada penurunan sampai 2000 jumlah penumpang setiap harinya,” ujarnya.

(Naila)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Copyright © 2017 PT MEDIA MEGA DALLE. All Right Reserved.