Daerah

Pemkot-KPU Luncurkan Desa/Kelurahan Peduli Pemilu

KPU Parepare saat menggelar Program DP3 di Hotel Pare Wisata.-Ist/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Komisi Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Parepare, mengumumkan Desa/Kelurahan Peduli Pemilu Dan Pemilihan (DP3), di Hotel Pare Wisata, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan menyasar dua lokosi fokus (lokus) diantaranya Kelurahan Bumi Harapan, Kecaman Bacukiki Barat dan Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung.

Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husein mengatakan, kegiatan yang merupakan program Nasional tersebut, melibatkan 50 kader dari dua lokus kelurahan yang dinilai sebagai pilar demokrasi.

“Kegiatan akan memberi pelatihan pada seluruh kader selama tiga hari, dan tentu kita berharap para kader nantinya menjadi agen dalam memahami pentingnya demokrasi tahapan pemilu, bagaimana mengantisipasi hoax, hingga politik uang di masyarakat,” katanya.

Hasruddin juga mengapresiasi respon pemkot Parepare yang secara penuh mendukung program DP3, sehingga kegiatan tersebut berjalan lancar, terutama saat perekrutan kader DP3.

“Bahkan, pemkot Parepare, mendorong kita agar menggelar DP3 di 22 kelurahan di empat kecamatan. Dan KPU Parepare, tentu saja siap untuk itu,” jelasnya.

Sementara Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM, Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Firman Mustafa mengemukakan, DP3 melahirkan peserta yang memiliki kesadaran politik, selain mencetak kader atau relawan yang mampu menjadi penggerak dan penggugah kesadaran politik masyarakat di lingkungannya.

“Selain melahirkan peserta dapat berperan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih di lingkungannya,” katanya.

Selama tiga hari, tambah Firman, para peserta akan menerima sejumlah materi, termasuk pentingnya demokrasi, pemilihan dan partisipasi, pemahaman selama pemilu dan pemilihan, komunikasi publik, pemilih dalam pencegahan politik uang, tehnik dan metode identifikasi berita hoax, serta materi terkait modus operandi dan solusi kampanye SARA.

Bidang Hukum dan Pemerintahan Setdako Parepare, Abdul Latief saat membuka kegiatan DP3 mengatakan, pembekalan kelurahan peduli pemilu, diharapkan menciptakan kader pemilu yang berkualitas dan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap penyelenggaraan pemilu.

“Melalui pembekalan kader pemilu ini, diharapkan dapat membangun demokrasi yang kokoh untuk pelaksanaan pemilu,” jelasnya.

Pemkot Parepare, kata Latif lagi, berharap program DP3 dapat membangun kesadaran politik masyarakat, agar menjadi pemilih yang
berdaulat serta mengedukasi masyarakat
dalam memfilter informasi, sehingga
masyarakat tidak mudah termakan isu hoaks
terkait kepemiluan.

“Sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih di Parepare,” tandasnya.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top