Parepare

Pemkot dan DPRD Parepare Gelar Sosialisasi Perda SPPD

Suasana sosialisasi Perda yang digelar bersama Pemkot dan DPRD Kota Parepare pada empat kecamatan di Parepare. -ist/akarberita-

AKARBERITA.com, Parepare – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Parepare bersama Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah atau SPPD. Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut, digelar pada empat kecamatan yang ada di Parepare.

Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha melalui Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun mengatakan, hadirnya Perda SPPD menandakan komitmen yang tinggi dari Pemkot Parepare dan DPRD Parepare dalam menjamin proses perencanaan pembangunan yang lebih transparan dan partisipatif.

“Masyarakat di Kecamatan Ujung menyambut baik Perda Nomor 2 Tahun 2020, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah atau SPPD ini,” jelas Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengemukakan, Perda ini telah membuka peluang yang besar bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses perencanaan dengan mengikuti berbagai Musrenbang yang sudah disiapkan melalui Perda. Di antaranya, dari tingkat RW, kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. Termasuk Musrenbang Anak, Musrenbang Perempuan, dan Musrenbang Disabilitas.

“Perda ini telah melembagakan Musrenbang Anak, Perempuan, dan Disabilitas. Daerah lain belum menetapkan Peraturan Daerahnya. Daerah lain melaksanakan Perda Anak, Perempuan dengan arahan Kementerian saja,” papar Zulkarnaen.

Sementara Ketua Bapemperda DPRD Parepare, Yasser Latief mengharapkan agar masyarakat semakin rajin dan semangat dalam menghadiri dan mengikuti Musrenbang. Karena selain Perda SPPD ini, Pemkot Parepare juga tetap menyiapkan anggaran pagu wilayah yang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat, walaupun masih bisa dalam anggaran yang terbatas.
“Selain itu, melalui proses reses anggota DPRD Parepare menambah kepastian usulan kebutuhan masyarakat dapat terakomodir,” jelas Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Parepare tersebut.

Selain Yasser, anggota DPRD Parepare lainnya yang turun mensosialisasikan Perda SPPD bersama Bappeda diantaranya,Wakil Ketua DPRD Parepare, Tasming Hamid.

Selain itu, anggota DPRD Parepare yang ikut mensosialisasikan, diantaranya Rudy Najamuddin, Andi Amir Mahmud, dan Muliadi, yang digelar di Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat.

(Sri/Sukarno)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top