Parepare

Tingkatkan Wawasan Masyarakat, BPBD Parepare Gelar Pelatihan Pencegahan Bencana

Pelatihan pencegahan dan mitigasi yang digelar BPBD Kota Parepare di Hotel Kenari Bukit Indah. -DWI/AKARBERITA

AKARBERITA.com, Parepare – Dibentuk dua tahun lalu, kelompok masyarakat kelurahan tangguh Kota Parepare, Kamis (10/06/2021), mengikuti pelatihan Pencegahan dan Mitigasi bencana yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parepare, di Hotel Kenari Bukit Indah.

Kepala Pelaksana BPBD Parepare, Rusli mengatakan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat agar tanggap dan dapat meminimalisir bencana di suatu daerah.

“Materi mitigasi kita berikan agar peserta dapat mengetahui metode meringankan atau mengurangi bencana di suatu daerah,” kata Rusli.

Rusli berharap, dengan adanya pelatihan mitigasi bencana ini, peserta yang akan menjadi agen bencana ini dapat berkolaborasi dan bekerjasama untuk memperkuat penanganan bencana di wilayahnya.

“Semua peserta adalah masyarakat, dan sebagian dari Kelurahan tangguh yang kami bentuk 2 tahun ini. Kami harapkan kolaborasi kepada peserta, dan silaturahmi diperkuat sehingga apa saja yang terjadi di wilayahnya itu bisa kompak bekerjasama di lapangan, dan bencana cepat ditangani,” papar Rusli.

Pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana ini dilaksanakan selama 3 hari, dan simulasi bencana banjir dilakukan di wilayah Tegal, Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung.

(Dwi)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top