Daerah

Cegah Stunting Sejak Dini, Puskesmas Lumpue Beri Pembinaan Bagi Kader dan Ibu Balita

AKARBERITA.com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare, melalui Puskesmas Lumpue dan Kecamatan Bacukiki Barat, melakukan kunjungan ke beberapa posyandu. Kunjungan itu untuk memastikan upaya pengendalian stunting berjalan baik dengan melibatkan tenaga kesehatan, Ibu Camat, Lurah, PKK Kelurahan, dan Danramil.

Kepala Puskesmas Lumpue (Kapus) Irnawati menjelaskan, upaya pengendalian stunting yang dilakukan diantaranya, melakukan sosialiiasi penanganan dan pencegahan stunting, juga dilakukan pembinaan dan supervisi bagi kader posyandu, serta ibu bay/balita.

“Kepada Kader Posyandu, kita lakukan supervisi sekaligus memberikan pembinaan bagaimana cara pengukuran tinggi, berat badan dengan baik dan benar kepada balita,” katanya, Kamis (10/06/2021).

Demikian pula kepada ibu balita lanjut Irnawati, juga diberikan pembinaan bagaimana pola pemberian gizi yang baik bagi balita, serta makanan sehari-hari sesuai usianya.

“Juga kita lakukan sosialisasikan serta pembinaan dengan menekankan pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif, karena ternyata masih banyak ibu balita yang tidak memberikan ASI eksklusif ke anaknya, masih mengandalkan susu formula untuk perkembangan gizi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, cara pemberian ASI bagi balita lanjut Irnawati, juga ditekankan kepada ibu bayi, termasuk cara menyusui yang benar, makan gizi seimbang untuk ibu supaya asinya lancar.

Kegiatan kunjungan sosialiasi pencegahan stunting dan pembinaan di Posyandu kata Irnawati, akan dilakukan selama enam hari ke depan dengan menyasar posyandu yang balitanya ada stunting di Wilayah Kecamatan Bacukiki Barat.

Sosialisasi pencegahan stunting kata Irnawati lagi, merupakan hal penting untuk dilakukan karena menyangkut masalah gizi yang sangat berhubungan dengan pola asuh dan pola makan terhadap bayi/ balita yang dimulai sejak bayi dalam kandungan atau 1000 hari pertama kehidupan.

Sementara, Camat Bacukiki Barat, Fitriany menguraikan, hari ini terdapat tiga lokasi dikunjungi dalam upaya pemantauan dan pencegahan dini kasus stunting, diantaranya di kelurahan Lumpue, Bumi Harapan, dan Tirosompe.

“Tetapi kita targetkan akan menyasar seluruh posyandu di Wilayah Kecamatan Bacukiki Barat, dengan bersinergi bersama tim pemantau dari kecamatan, puskesmas lumpue, danramil, lurah, Tim PKK dari Kelurahan, dan tim dari posyandu,” tandasnya.

(Syari)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top