Regional

Parepare Daerah Inovasi Terbaik Sulsel di Ajang PPD

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat menerima penghargaam dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021. -Syari/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Makassar – Kota Parepare dinobatkan sebagai daerah dengan Inovasi terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021, yang digelar Bappenas, difasilitasi Bapprlitbangda Sulsel dan diumumkan pada saat Musrenbang RKPD Pemprov Sulsel, di Hotel Claro, Kamis (08/04/2021).

Parepare menempati peringkat pertama terbaik, disusul Kota Makassar peringkat dua, dan Kabupaten Bulukumba peringkat tiga. Penghargaan diserahkan langsung Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Dalam sambutannya, Andi Sudirman meminta kepala daerah untuk membantu dirinya merumuskan bersama pembangunan Sulsel. Mengingat, beberapa kepala daerah diakuinya cerdas dalam membangun sebuah daerah.

“Saya tidak mau sendirian, kerena di depan saya banyak orang-orang cerdas. Saya banyak belajar dari Pak Taufan Pawe, Wali Kota Parepare. Saya juga belajar dari Danny Pomanto (Wali Kota Makassar). Saya sharing ilmunya. De’u sakkareng’i,” ungkap Sudirman.

Sementara Taufan Pawe usai menerima penghargaan mengatakan, inovasi sudah menjadi kewajiban pada seluruh jajaran Pemkot Parepare, yang dicanangkan tiga tahun lalu sebagai tahun inovasi

“Setiap tahun dilakukan perlombaan inovasi terhadap semua perangkat 34 SKPD Pemkot Parepare. Karena inovasi adalah langkah-langkah terobosan dan kerja responsif yang harus dilakukan demi mensejahterakan masyarakat,” papar Taufan.

Sementara Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, dengan diraihnya peringat pertama dalam ajang PPD, selanjutkan akan mengantar Parepare sebagai perwakilan Sulsel pada tingkat Nasional di ajang yang sama.

Parepare, kata Samsuddin, juga masuk 17 terbaik yang mewakili Sulse, dan tentunya ini menjadi motivasi agar ke depan menjadi lebih baik dengan prestasi lainnya,” jelas Samsuddin.

Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun menambahkan, untuk penghargaan kali ini, Pemprov Sulsel mengapresiasi dua inovasi andalan Pemkot Parepare yakni Berdaya Srikandi Oleh Srikandi dan Inovasi Perencanan Pagu Wilayah Kecamatan.

“Inovasi yang kita angkat disini ada dua yang sudah menjadi adalan Pemkot Parepare. Berdaya Srikandi Oleh Srikandi yang sudah mendapatkan pengharagaan hingga tingkat nasional bahkan sudah sampai tinggakt dunia. Sementara satunya lagi inovasi perencanaan pagu wilayah per kecamatan. Dan itu yang tidak ada di daerah lain,” tandasnya.

(Syari)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top