Daerah

Musrembang Anak, Wadah Aspirasi Anak Parepare

Suasana pembukaan Musrembang Anak Tingkat Kota Parepare yang digelar Bappeda Parepare. -Syari/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Keterlibatan anak dalam perumusan rencana pembangunan daerah, diklaim akan berdampak positif pada pembangunan yang responsif terhadap kebutuhan anak.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare, dalamMusyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak tingkat kota yamg digelar di Hotel Bukit Kenari, Minggu (21/03/2021).

Musrenbang Anak, kata Zulkarnaen, adalah salah satu komitmen pemkot Parepare membuka ruang bagi anak-anak di Parepare untuk berpartisipasi aktif dalam perumusan rencana pembangunan daerah.

“Dengan keterlibatan anak dalam perumusan rencana pembangunan daerah, maka pemerintah yakin bahwa pembangunan yang dilaksanakan akan responsif terhadap kebutuhan anak di Parepare,” papar Zulkarnaen.

Karena itu, kata Zulkarnaen, dengan selesainya penyelenggaraan Musrenbang Anak Kecamatan, maka setiap Forum Anak Kecamatan telah memiliki daftar prioritas kebutuhan anak di kecamatannya. Daftar prioritas itu yang ditetapkan menjadi daftar kebutuhan anak di Parepare dalam Musrenbang Anak tingkat lota.

Zulkarnaen juga mengingatkan, kondisi pandemi Covid-19 masih memprihatinkan sehingga Musrenbang Anak digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pelaksanaan Musrenbang Anak, kata Zulkarnaen lagim merupakan bagian integral dari tahapan penyusunan RKPD Parepare Tahun 2022. Sehingga semua usulan prioritas dari Musrenbang anak yang sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah tahun 2022 akan dituangkan dalam RKPD Parepare Tahun 2022.

Dalam Musrenbang Anak, memilih 3-5 orang peserta untuk menjadi Tim Musrenbang Anak yang akan mewakili ke Musrenbang RKPD Parepare Tahun 2022 yang rencananya digelar Rabu, 24 Maret 2021 mendatang

Tim Musrenbang Anak inilah yang akan berdiskusi dengan SKPD teknis dan memperjuangkan agar daftar usulan prioritas yang diperoleh pada Musrenbang Anak dapat menjadi usulan prioritas dalam Renja SKPD sehingga dapat terakomodir dalam RKPD dan selanjutnya APBD Kota Parepare Tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, Andi Febyana Andi Aziz dari Bappeda memberikan arahan dan tindak lanjut dari hasil Musrenbang Anak.

Musrenbang Anak sebelumnya sudah dibuka oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe diwakili Wakil Wali Kota, Pangerang Rahim pada pembukaan umum Musrenbang 2021.

(Syari)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top