Regional

Taufan Pawe Puji Orasi Ilmiah SYL

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.-dok/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Makassar – Puncak Dies Natalis ke-69 Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) Kota Makassar yang digelar secara luring di Baruga Prof Baharuddin Lopa FH Unhas, Rabu (17/03/2021), yang menghadirkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, turut dihadiri Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Syahrul dalam orasi ilmiahnya mengatakan, hukum adalah hal yang mendasar. Dikaitkan dengan persoalan pangan, kata Syahrul, bagian-bagian yang menyangkut hal yang sangat besar, strategis, dan dalam bagi sebuah bangsa. “Tak ada daerah yang bisa berkembang dengan baik tanpa pendekatan hukum yang konkret,” katanya.

Syahrul yang merupakan doktor bidang ilmu hukum Unhas mengemukakan, satu negara atau daerah akan berkembang baik dengan tiga hal, diantaranya pemerintahan yang berpihak pada rakyat dan tidak meladeni dirinya sendiri, adanya ruang akselerasi bagi pelaku ekonomi secara baik, optimal dan tanpa beban, serta adanya kesadaran hukum masyarakat yang ditegakkan secara konsisten oleh aparat hukum yang ada.

“Jantungnya manusia kalau berhenti, matilah. Jantung manusia adalah pemerintah. Dagingnya adalah ekonomi, darahnya adalah politik, tapi hukum adalah semua bagian-bagian keras yang menentukan,” Syahrul menjabarkan.

Terkait hal itu, Taufan Pawe yang juga alumni Pacsa Serjana Fakultas Hukum Unhas mengapresiasi orasi ilmiah mantan gubernur dua priode Sulsel tersebut. Menurutnya, apa yang dikemukan Syahrul merupakan kemampuan akademisi dan profesionalnya yang didapatkan salah satunya di Fakultas Hukum Unhas.

“Tidak bisa dipungkiri, Bapak Mentan (Syahrul) adalah alumni Fakultas Hukum Unhas yang mampu memberikan nuansa wawasan dalam kapasitas beliau sebagai Menteri Pertanian. Orasi ilmiahnya, sangat memukau kita,” papar Taufan.

Taufan juga memuji FH Unhas yang menurutnya, alumninya sudah teruji dan tersebar di mana- mana. “Ini menandakan jika pengelolaan pendidikan di FH unhas ini sangat baik, bahkan terdepan di Indonesia,” katanya.

Ia pun bangga menjadi bagian dari FH Unhas. Untuk itu, sangat wajar jika FH Unhas saat ini menjadi target generasi muda untuk menimba ilmu. “Kita para alumni bangga pernah menjadi bagian dari FH Unhas. Untuk itu di milad ke 69 ini saya berharap makin sukses, inovatif, dan makin jaya,” tandasnya.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top