Daerah

Pertajam Program dan Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur, BKPSDMD Parepare Gelar Forum Perangkat Daerah

AKARBERITA.com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Parepare, mengelar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Tahun 2022.

Kegiatan yang dibuka Kepala BKPSDMD Kota Parepare, Gustam Kasim, dan dihadiri para Kasubag Kepegawaian Satuan Kerja Perangkat Daerah dilingkungan pemkot Parepare.

Mengingat kegiatan ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19, kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala BKPSDMD, Gustam Kasim dalam sambutannya mengatakan, Forum Perangkat Daerah merupakan pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

“Jadi salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD adalah melalui Forum Perangkat Daerah,” katanya.

Melalui Forum Perangkat Daerah, Gustam berharap dapat menjadi sarana memperoleh masukan, dalam rangka penajaman sasaran, program, dan kegiatan pengembangan SDM aparatur, yang telah tersusun dalam rancangan Renstra perangkat daerah.

Sementara, Sekretaris BKPSDMD Parepare, Adriani Idrus menjelaskan, visi misi Walikota Parepare sebagai penjabaran atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2022. Salah satunya, katanya, yakni program peningkatan kapasitas SDM ASN menuju reformasi birokrasi yang melayani.

“Beberapa kegiatan yang kita laksanakan yakni pengembangan dan integrasi aplikasi kepegawaian, pengembangan kompetensi ASN, serta penyelenggaraan pelayanan kepegawaian dan peningkatan kedisiplinan ASN,” ungkapnya.

Untuk itu, Adriani mengharapkan kerjasama dari para Kasubag Kepegawaian pada masing-masing SKPD, untuk dapat lebih aktif dalam rangka pengelolaan dan monitoring kepegawaian dilingkungannya.

“Adanya perubahan peraturan perundangan-undangan di bidang manajemen ASN, sehingga memang sangat diperlukan koordinasi yang lebih intens dari para Kasubag Kepegawaian sebagai mitra kerja BKPSDMD,” tandasnya.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top