Daerah

Musrembang Anak, Wadah Aspirasi Anak Parepare

musrembang anak 2019
Dok/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Tahun ini, memasuki tahun ketiga bagi Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak, tingkat kecamatan. Musrembang anak tahun ini, direncanakan dilaksanakan dua hari.

Kasubag Program dan Keuangan Bappeda Kota Parepare, Syarifullah, saat membuka musremba anak di Hotel Pare Wisata, Kamis (4/3/2021), mengatakan, hari pertama musrembang anak digelar di Kecamatan Ujung dan Soreang. Dan musrenbang anak tingkat Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat, akan digelar Jumat (05/03/2021) besok.

Musrenbang anak, kata Syaifullah, sebagai wadah yang disiapkan pemkot Parepare untuk memberi ruang bagi anak-anak di Parepare dalam menyalurkan aspirasinya.

Aspirasi yang disampaikan peserta anak, jelas Syaifullah, nantinya akan dirumuskan dalam program kegiatan yang diakomodir dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD). “Sehingga pembangunan yang dilaksanakan oleh pemkot Parepare, responsif terhadap kebutuhan anak,” katanya.

Pihaknya, kata Syarifullah lagi, berharap musrenbang anak dapat menjadikan anak-anak lebih percaya diri untuk turut berpartisipasi dalam perumusan kebijakan Pembangunan daerah.

Usulan yang diajukan peserta anak pada musrembang anak, tambah Syarifullah, akan diteruskan ke musrenbang tingkat kota, berdasarkan skala prioritas.

“Seluruh usulan akan diinput ke dalam sistem informasi pemerintahan daerah, berbentuk aplikasi Nanti kita akan bentuk aplikasi, dan dalam aplikasi itu tim Bappeda akan melakukan verifikasi yang mana bisa diteruskan ke RKPD,” tandasnya.

(Syari)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top