Daerah

Polres Gowa Ajak Warga Antisipasi Kebakaran

Kasubbag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan.-Henra/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Gowa – Sebaiknya anda harus memperhatikan hal ini, sebelum menikmati liburan anda pada hari raya Natal dan tahun baru 2020 mendatang. Biasanya, peristiwa yang paling sering terjadi saat rumah kosong adalah terjadinya kebakaran. Itu terjadi akibat si pemilik rumah lupa mematikan atau mencabut peralatan eletroniknya.

Hal tersebut diungkapkan Kasubbag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan. “Kebakaran rawan terjadi saat pemilik rumah meninggalkan rumahnya dalam waktu lama. Potensi terjadinya kebakaran bisa saja terjadi, jika kita tidak mematikan alat yang menimbulkan api di rumah kita,” katanya, Sabtu (21/12).

Aparat kepolisian Polres Gowa membagikan enam tips aman, sebelum meninggalkan rumah. Pertama, lakukan pengecekan instalasi listrik seperti kabel terkelupas, terkena air, bocor, dan sebagainya. Kedua, lakukan penggantian kabel yang telah rusak.

Selain irtu, lanjuta Tambunan, ketiga pastikan semua alat elektronik dimatikan dan semua kabel extention dicabut. Empat, jangan meninggalkan makanan atau snack di laci atau almari kantor yang menarik perhatian tikus, sehingga berpotensi merusak kabel listrik.

“Yang keempat ini juga mengajarkan kita untuk tidak membuang-buang makanan,” tambah Tambunan.

Kelima, cabutlah aliran listrik di semua peralatan elektronik saat meninggalkan rumah. Dan keenam, lepaslah regulator pada kompor gas sebelum tinggalkan rumah, untuk menghindari kebocoran gas dari tabung regulator.

“Semoga apa yang kami bagikan dalam himbauan ini dapat bermanfaat bagi warga Gowa,” tambah Kasubbag Humas.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!