Daerah

RSUD Andi Makkasau Memiliki 28 Alat Cuci Darah

Renny Anggraeny Sari
Dok/-AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus menggenjot Parepare menjadi pusat pemeriksaan kesehatan di wilayah Sulawesi Selatan.

Salah satunya dengan kehadiran sejumlah fasilitas canggih dunia kesehatan di fasilitas kesehatan khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Andi Makkasau.

Salah satu alat canggih yang saat ini dimiliki rumah sakit rujukan di wilayah utara Sulsel ini yakni alat cuci darah atau hemodialisa yang jumlahnya ada puluhan. “Saat ini kita di RSUD Andi Makkasau memiliki sebanyak 28 alat cuci darah atau hemodialisa,”terang Dirut RSUD Andi Makkasau, Reny Anggraeny Sari.

Hemodialisasi sendiri adalah metode pencucian darah dengan membuang cairan berlebih dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh melalui alat dialysis untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak.

Reny menjelaskan, puluhan alat cuci darah ini ditunjanh dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di RSUD Andi Makkasau. “Khusus pasien hemodialisa, kita memiliki lima dokter yang menanganinya,”jelasnya.

Reny menambahkan, kelima dokter yang menangani pasien hemodialisa ini, yakni Ayu Purnama Sari, Kahar, Novita, Nurdin dan Nuraina. Saat ini RSUD Andi Makkasau bekerjasama dengan Kaikoukai Medical Foundation dalam peningkatan SDM tenaga medik.

Pemkot Parepare pun khususnya Wali Kota Parepare menggenjot Parepare menuju Kota Industri Tanpa Cerobong Asap. Terobosan Pemkot Parepare ini menekankan pada industri tiga pelayanan dasar yakni kesehatan, pendidikan dan pariwisata.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!