Politik & Parlemen

KPU Parepare Tetapkan DPK Tahap Pertama

KPU Parepare gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPTb dan DPK Tahap I Pemilu 2019. -Syari/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Daftar Pemilih Khusus (DPK) tahap pertama Kota Parepare akhirnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare. Jumlahnya sebanyak 44 orang pemilih. Data itu disampaikan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan DPK Tahap I Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, di media centre KPU Parepare, Kamis, (27/12).

Komisioner Devisi Program dan Data KPU Parepare Mursalin Muslimin menguraikan, pemilih yang ditetapkan dalam DPK, terdiri dari delapan pemilih di Kecamatan Soreang, 16 di Kecamatan Ujung, 19 di Kecamatan Bacukiki Barat dan 1 pemilih di Bacukiki. Hasil penelisikan faktual yang telah dilakukan petugas PPS, kata Mursalin, kemudian dimasukkan dalam kategori DPK yang tersebar di 12 kelurahan dan 26 TPS. “Sementara untuk DPTb masih posisi zero,” jelasnya.

Puluhan pemilih yang tersebar pada 26 TPS di empat Kecamatan tersebut, yaitu 5 TPS di Kecamatan Soreang, 7 Ujung, 13 Bacukiki Barat dan 1 Bacukiki.¬†Pemilih yang ditetapkan dalam DPK ini kata Mursalin, merupakan pemilih yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tetap Hasil perbaikan (DPTHP-2). “Dan kita perkirakan jumlahnya akan terus bertambah,” ujarnya.

Penetapan rekapitulasi Rapat Pleno DPK tahap pertama dan DPTb tersebut dituangkan dalam berita acara bernomor 184/PL.03.02-BA/7372/KPU-Kot/XII/2018.

Sementara Ketua KPU Parepare Hasruddin Husain mengatakan, pemilih pindah domisili masih memunyai akses untuk terdaftar dalam DPTb hingga 30 hari jelang masa pencoblosan.

Ada dua cara yang akan kita lakukan pihaknya, kata Hasruddin, yakni dengan melakukan penelisikan DPT ataukah pemilih sendiri yang datang mengambil A5. Ini juga berlaku bagi warga binaan Lapas karena harus dikategorikan pindah memilih dari daerah asal. “Sesuai dengan daerah yang tertera pada identitasnya, jadi Warga Lapas masuk kategori DPTb,” jelasnya.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!