Opini

Mengenal Tentang Kantong Kreatif Bacukiki (1)

kantong kreatif bacukiki

Penulis:

Ita Purnamasari
(Kasi Kesra dan Ekonomi Kecamatan Bacukiki)

Inovasi KANTONG KREATIF BACUKIKI setelah dinobatkan jadi inovasi terbaik kategori Tata Kelola Pemerintahan, ternyata masih banyak yang mempertanyakan dan penasaran seperti apa sihh keunggulan, maupun kelebihan inovasi ini??? Nahhh, yukk kita simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

KANTONG KREATIF BACUKIKI singkatan dari “Kembangkan Potensi Ekonomi Warga Kreatif Bacukiki” merupakan wadah, dan ruang yang disediakan oleh Pemerintah Kecamatan Bacukiki untuk menampung, dan memperkenalkan seluruh hasil produk kreatif masyarakat Bacukiki, ke dalam sebuah aplikasi yang berbasis website.

Kenapa masih berbasis website??? Selain karena inovasi ini adalah “zero budget”, juga sebagai bentuk upaya dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah ada, yakni website Kecamatan di mana seperti yang diketahui, website yang dikelola pemerintah itu, masih jarang diminati dan dikunjungi.

Sehingga, ide untuk menambahkan konten yang menarik pun dilakukan dengan menambahkan fitur KANTONG KREATIF. Dengan adanya fitur KANTONG KREATIF, secara tidak langsung terbangun sistem data base, yang berisi informasi potensi ekonomi kreatif yang akan memudahkan stakeholder terkait, untuk mendapatkan data usaha kreatif yang tumbuh di Bacukiki.

Terlebih, kepada SKPD teknis jika ingin menyalurkan bantuan peralatan usaha dan modal, diharapkan dapat tepat sasaran dengan ketersediaan data base secara online. Karena, sejauh ini hal yang selalu menjadi permasalahan dalam penyaluran bantuan, disebabkan tidak adanya sumber data. Demikian pula, dengan investor maupun perusahaan BUMD dan BUMN akan sangat terbantu, jika hendak menyalurkan bantuan CSR-nya kepada pelaku usaha.

Disamping itu, melalui inovasi Kantong Kreatif Bacukiki ini, juga sebagai bentuk dorongan dari Pemerintah Kecamatan Bacukiki untuk menggunakan kekuatan politiknya secara proporsional, dengan memberikan pelayanan administrasi publik dengan baik. Sebab, peran utama pemerintah dalam perkembangan industri kreatif tidak selamanya berupa dukungan bantuan finansial, insentif maupun proteksi, tetapi dapat juga berupa komitmen.

Oleh karena itu, dengan adanya wadah ini dapat membuka kesempatan untuk memperluas jaringan pemasaran industri kecil, serta mendorong tumbuhnya UKM baru. Selain itu, juga dapat memberikan pengetahuan serta motivasi kepada masyarakat luas, bahwasanya ekonomi kreatif mampu membantu percepatan pertumbuhan ekonomi, dan dapat dimulai dari wilayah pinggiran maupun pelosok Desa sekalipun.

Jika KANTONG KREATIF dapat diterapkan pada semua Kecamatan, maka akan sangat memudahkan Pemerintah Kota untuk menemukan berbagai potensi kreatif, yang ada di daerahnya. Di mana, hal ini penting karena dapat memberikan kontribusi nyata serta positif yang cukup signifikan, terhadap perekonomian dalam suatu daerah. Disamping itu, daerah dapat dengan mudah menemukan produk unggulannya. (*)

Tulisan telah melalui beberapa koreksi oleh Redaksi AkarBerita.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!