Edukasi

Peringati Hari Anti Korupsi Internasional, Sahabat KITA Gelar Aksi Kreasi

Sejumlah peserta saat bermain SEMAI, permainan esukasi Saya Perempuan Andi Korupsi (SPAK). -ist/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Pinrang – Memperingati Hari Anti Korupsi Internasional, lembaga edukasi Sahabat KITA Kabupaten Pinrang bersama Tali Integras yang merupakan Taman Literasi Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menggelar kegiatan Kita Generasi Keren Anti Korupsi (Kreasi) di aula Lasinrang Park Pinrang, Minggu (9/12). Kegiatan, melibatkan peserta umum dan pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas.

Koordinator Kreasi Satriadi mengatakan, kegiatan diinisiasi bersama Sahabat KITA, yang tak lain sebagai pelaksana program Tali Integritas. Berbagai kegiatan, jelas Satriadi, mewarnai aksi Kreasi. Diantaranya, kata dia, aksi kreasi dongeng bersama Kado, ragam sudut belajar, ragam tantangan, ragam sudut bermain dan klinik pesat.

“Salah satu permainan yang menanamkan nilai-nilai anti korupsi sejak dini pada peserta yakni Board Game Integritas dan permainan edukasi Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK),” papar Satriadi.

Aksi kreasi dongeng bersama Kado dalam kegiatan Kreasi Sahabat KITA memperingati Hari Anti Korupsi Internasional. –ist/AkarBerita

Selain itu, kata Satriadi, dibuka ruang bagi para peserta dalam menunjukkan kreativitasnya. Seperti baca puisi, menggambar dan mewarnai, pantun estafet, selain kegiatan senam dan nonton bareng (nobar) serta kegiatan klinik pesat yang memacu kepedulian para peserta terhadpa kesehatan. “Kegiatan juga menghadirkan tim Kimokustik akustik Sahabat KITA,” jelasnya.

Sekadar diketahui, aksi Kreasi juga melibatkan sejumlah komunitas pemuda yang ada di Pinrang, seperti corat coret, kosakata dan komunitas Guru Belajar Pinrang.

Salah satu peserta pelajar dari SMAN 11 Pinrang Mutmainnah mengaku mendapat banyak manfaat dari kegiatan aksi Kreasi Sahabat KITA yang dinilai sangat edukatif.

Keranjang Bolong, salah satu board game Tali Integritas yang dimainkan peserta dalam kegiatan aksi Kreasi Sahabat KITA. –ist/AkarBerita

Melalui aksi Kreasi, kata Mutmainnah lagi, juga menambah pemahaman khususnya bagi generasi muda tentang korupsi dan nilai-nilai integritas yang sejak dini dengan lantang mengatakan, katakan tidak untuk Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Kami mudah memahami setiap materi yang diberikan para kakak-kakak dari Sahabat Kita, karena dipaparkan dengan metode dan bahasa mudah dipahami dan menyenangkan. Tidak menyesal kami hadir sebagai peserta karena banyak manfaat yang kami dapatkan,” tandasnya.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!