Halo Kecamatan

Kantong Kreatif Bacukiki Fasilitasi Pelaku Ekraf Kemudahan Legalitas Usaha

Suasana saat rakor pemberdayaan masyarakat tingkat Kecamatan Bacukiki.-Gits/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Berbagai kemudahan diberikan dari implementasi inovasi Kantong Kreatif Bacukiki. Inovasi yang telah diterapkan Pemerintah Kecamatan Bacukiki dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif masyarakat ini, selain fungsinya untuk menghimpun dan menampung seluruh potensi ekonomi kreatif yang tumbuh dimasyarakat Bacukiki, juga diberikan fasilitas kemudahan bagi pelaku ekonomi kreatif dalam pengurusan legalitas usahanya.

Hal ini diungkapkan Camat Bacukiki Iskandar Nusu saat memimpin rapat koordinasi pemberdayaan masyarakat tingkat Kecamatan Bacukiki. Beliau mengungkapkan, pertimbangannya memberikan kemudahan fasilitas pengurusan legalitas, karena mengingat salah satu kendala yang dihadapi pelaku usaha yaitu selain pemasarannya juga terkait masalah permodalannya.

“Jadi ini salah satu cara kami memberikan kemudahan, khususnya bagi para pelaku usaha yang ingin mengajukan tambahan modal melalui pengajuan kredit, tentunya harus dilengkapi dengan berkas surat izin usahanya, dan sebagian besar para pelaku usaha belum mempunyai surat izin tersebut,” beber Iskandar.

Kemudahan yang diberikan ini menurut Iskandar, sebagai bentuk dorongan dari Pemerintah Kecamatan Bacukiki untuk menggunakan political will nya dengan proporsional dengan memberikan pelayanan administrasi publik dengan baik. Sebab peran utama pemerintah dalam perkembangan industri kreatif tidak selamanya berupa dukungan bantuan finansial, insentif maupun proteksi, tetapi dapat juga berupa komitmen.

“Kita telah berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk fasilitasi pengurusan izin usaha, termasuk sertifikat halal bagi usaha kuliner. Dan untuk tahap pertama, kami prioritaskan kepada para pelaku usaha kreatif dan UMKM yang dianggap usahanya mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan dan telah secara rutin memproduksi produknya,”terang Iskandar.

Sementara Halim T salah satu pelaku usaha kreatif pembuat kuliner Baje Canggoreng di Bacukiki mengaku, sangat terbantu dengan adanya kemudahan fasilitas yang diberikan dalam pengurusan legalitas usaha di Kantong Kreatif Bacukiki.

“Yang kami butuhkan memang adanya dukungan pemerintah terhadap usaha kami ini, salah satunya dukungan pada kemudahan pembuatan surat izin usaha kami. Adanya izin–izin tersebut membantu keberlangsungan usaha kami,” ungkap Halim.

(Gits)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!