Hukum & Kriminal

Tim Polsek Soreang Gelandang Polisi Gadungan

Polisi Gadungan. Suhardi alias Adi, warga Kota Makassar yang melakukan aksi pencurian dan penipuan dengan berpura-pura menjadi anggota Polri, -ist/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Perjalanan Suhardi alias Adi, 33, warga Mess Asrama Mattoanging Blok K/23, Kota Makassar, yang menjerat korbannya dengan mengaku sebagai anggota kepolisian, berakhir. Polisi gadungan yang menggunakan nama samaran Daniel Prayoga tersebut, dibekuk Tim Kepolisian Sektor (Polsek) Soreang, dipimpin Kanit Res Aiptu Rijal Parammasi bersama Kanit IK Aiptu Muh Zain dan sejumlah anggota Reskrim.

Tak hanya melakukan penipuan, Suhardi juga dilaporkan pencurian oleh Nurasia, 28, warga Kabupaten Sidrap. Pelaku diamankan berdasarkan laporan kepolisian no LP / 101 / XI / 2018 / Polda Sulsel / Res Parepare / Sek Soreang Pada Hari Jumat Tgl 09 Nop 2018. Pelaku kita amankan di Jalan Kesuma Timur, Jumat (9/11) sekitar pukul 19.20 Wita.

Rijal mengatakan, dalam menjalankan aksinya, pelaku mengaku berprofesi sebagai anggota Polri berpangkat IPTU yang bertugas di Polda Sulsel pindahan dari Polda Metro Jaya. Untuk meyakinkan korbannya, Suhardi menggunakan pakaian Polri yang juga hasil kejahatan yang dicurinya dari Mess Asrama Polri Mattoangin Makassar. “Atribut pangkat dan lainnya, dibeli dari toko perlengkapan Polri yang ada di Parepare,” ungkapnya.

Selain Parepare, kata Rijal lagi, pelaku juga menjalankan aksinya disejumlah daerah di Sulsel, diantaranya Kabupaten Gowa, Barru, Pinrang, Sidrap, Soppeng, Wajo, Kota Makassar dan Kabupaten Polman, Sulbar. Dari aksinya tersebut, pelaku berhasil meraup keuntungan hingga Rp80 juta.

“Pelaku kita amankan setelah dilaporkan telah melakukan penipuan oleh korbannya. Pelaku pura-pura memacari korban dan menguras uang korban melalui ATM milik korban,” katanya.

Saat penangkapan, pelaku berusaha melarikan diri melalui pintu belakang lantai atas saat akan dibekuk di rumah kerabatnya di Jalan Kesuma Timur. Pelaku akhirnya digelandang setelah terjatuh dan sempat menjalani perawatan di RSUD Andi Makkasau Parepare. “Saat ini pelaku dan sejumlah baeang bukti sudah kita amankan, untuk diproses lebih lanjut,” tandasnya.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!