Lifestyle

Waspada! 5 Masalah Ingatan Ini Bisa Jadi Gejala Alzheimer

-ilustrasi/net-

AKARBerita, Jakarta – Setiap orang mungkin akan mengalami kepikunan. Namun, masa-masa kehilangan memori tersebut akan terjadi saat memasuki usia senja, di mana sel-sel otak melemah seiring dengan pertambahan usia.

Meski demikian, bukan berarti seseorang yang berusia muda tidak bisa mengalami kehilangan memori atau ingatan jangka pendek alias pikun. Namun, keberadaannya perlu diwasapadai sebagai gejala penyakit lain. Alzheimer, misalnya.

Penyakit yang menyerang otak tersebut merupakan penyakit mengerikan yang bisa menghapus ingatan seseorang secara perlahan dan tidak bisa dianggap main main. Mungkin, pada awalnya kelihatan sederhana dan dianggap sepele, tapi lama kelamaan, jika tidak ditangani serius bisa menyebabkan kematian.

Amit Sachdev, M.D., selaku asisten profesor dan direktur Divisi Neuromuskular Medicine di Michigan State University dan Daniel Franc, MD, Ph.D., seorang ahli saraf di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California mengemukakan beberapa tanda atau gejala dini seseorang mengalami penyakit Alzheimer. Dihimpun dari Women’s Health Mag, berikut ulasannya.

Lupa Aktivitas Sehari-hari

Melupakan di mana kamu meletakkan kunci rumah atau kunci kendaraan mungkin adalah hal yang normal. Aktivitas yang begitu padat kadang kerap membuatnya demikian. Namun, kalau kamu sampai lupa dengan tugas rutin seperti memasak makan malam atau lupa makan bisa jadi itu adalah pertanda ada yang tidak beres pada otakmu.

Lupa Rute Jalan

Orang-orang dengan Alzheimer bisa lupa di mana mereka berada atau ke mana mereka akan pergi. Saat mereka ingin menuju suatu tempat, mereka bisa merasa asing dan lupa rute jalan ke mana mereka akan pergi. Kalau kamu menemukan tanda-tanda ini padamu, hati-hati itu pertanda Alzheimer.

Sering Mengulang Percakapan

Mengulang percakapan yang sama sesekali mungkin wajar, tapi kalau berkali-kali pada orang yang sama bisa jadi kamu menderita kepikunan parah, yang mungkin menjadi tanda-tanda Alzheimer. Coba ingat-ingat, seberapa sering kamu mengulang percakapan pada orang yang sama?

Lupa janji

Tentu, semua orang pernah mengalami saat-saat di mana benar-benar lupa memiliki janji. Entah janji untuk menjemput pasangan, janji dengan dokter gigi, atau janji untuk membayar tagihan. Namun, lupa janji secara teratur bisa menjadi tanda awal penyakit Alzheimer.

Keluarga Menyadarinya

Saat kamu sering lupa, mungkin bukan kamu saja yang menyadari dan menjadi korbannya. Namun, orang-orang di sekitarmu juga. Sebut saja keluarga, berada paling dekat denganmu mereka akan sangat menyadari setiap perubahan. Dan ketika mereka menyadarinya, itulah tanda yang sebenarnya.

(Sdr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!