Parepare

UNM Gandeng Pemkot Parepare Hadirkan Fakultas Kedokteran

AKARBERITA.com, Parepare – Universitas Negeri Makassar (UNM) gandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menghadirkan Fakultas Kedokteran di Kampus V UNM Parepare.

Kerjasama tersebut, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama yang digelar di Auditorium BJ Habibie Kompleks Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Parepare pada Selasa, 14 Juni 2022.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, alasan Rektor UNM Parepare menunjuk rumah sakit di Kota Parepare, sebagai rumah sakit pendidikan sudah sangat tepat.

“Karena rumah sakit kami ini komprehensif sehingga Pak Rektor menunjuk rumah sakit di Kota Parepare sebagai rumah sakit pendidikan dan kami memang sudah dalam status itu,” katanya.

Taufan Pawe pun menjelaskan, semua sarana teknologi kekinian kedokteran ada di Kota Parepare, bukan hanya alat kedokteran, tetapi sumber daya manusia (SDM).

“Catat ini, kami punya 42 tenaga dokter spesialis, tiga diantaranya itu subspesialis lebih tinggi tingkatannya, serta kami juga punya dokter umum di atas 70 orang dan SDM kami di rumah sakit di atas 800 orang, ” jelasnya.

Taufan Pawe mengaku, Political Will dan Political Action dari Rektor UNM sebagai pengelola Perguruan Tinggi hadir bersama timnya sebagai anugrah bagi pemerintah Kota Parepare.

“Kerjasama ini kelihatannya pasti saling menguntungkan, biar bagaiamana pun saya berbicara tentang kehebatan Kota Parepare, kalau tidak tidak ada nilai positif dari luar. Namun sekarang sudah terjawab sudah, “ungkapnya.

Taufan Pawe, menuturkan, penandatanganan ini memang sempat terhambat karena pada saat itu dirinya hendak hadir langsung, namun karena ada sesuatu lain hal, maka kemudian dipindahkan ke hari yang lain.

“Alhamdulillah pak Rektor juga menyetujui hal tersebut, sehingga kita bisa lakukan kerjasama, tapi saya yakin hakekat dan maknanya tetap tidak akan berbeda, dan tentunya ini merupakan kebahagiaan sendiri bagi kita, dan juga masyarakat Kota Parepare dengan disambutnya Fakultas Kedokteran ini,”pungkasnya.

Taufan Pawe menambahkan, hadirnya Fakultas Kedokteran ini tidak lain akan membawa dampak ekonomi baru bagi masyarakat Kota Parepare.

“Setelah beroperasi Fakultas Kedokteran ini saya yakin akan banyak masyarakat dan mahasiswa mencari tempat tinggal dijadikan kost-kostan atau rumah sewa, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat yang lebih maju dan berkembang,”ungkapnya.

Dia pun mengurai, hadirnya pendidikan Kedokteran di Kota Parepare selaras dengan visi dan misi pemerintahannya melalui industri tanpa cerobong asap dengan tiga pendekatan, yakni bidang kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata.

“Saya fikir dengan hadirnya Fakultas Kedokteran ini nantinya menunjang visi dan misi kami untuk menghadirkan Kota Parepare sebagai Kota Industri tanpa cerobong asap, karena disini ada dua yang sekaligus di tunjang, yakni bidang Kesehatan dan Pendidikan,”ungkap alumni Doktor Fakultas Hukum Unhas ini.

Rektor UNM Prof Dr Ir H Husain Syam mengaku, bangga dan terhormat bisa diberikan ruang oleh Wali Kota Parepare demi menghadirkan Fakultas Kedokteran Kampus V Parepare UNM.

“Saya merasa tersanjung dengan diterima niak baik kita dengan menghadirkan salah satu layanan pendidikan, Fakultas Kedokteran di Kota Parepare dan ini salah satu langka baik bagi kita. Kita ini selalu ingin membuat kemashlahatan bagi masyarakat dengan menghadirkan kesejahteraan bagi mereka,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, kampus V Parepare UNM sudah ada 10 program studi sejak beberapa tahun yang lalu sehingga perekonomian disekitar situ sudah hidup, belum lagi dengan hadirnya Fakultas Kedokteran.

“Kami dari UNM merasa bersyukur dengan adanya titik temu, apalagi Wali Kota Parepare ini sangat cinta dengan pengembangan pendidikan, industri pendidikan, pengelola kesehatan dan pariwisata,” ungkapnya.

Husain Syam mengatakan, keberkahan UNM hari ini karena mampu menghadirkan Fakultas Kedokteran yang ada di Kota Parepare, melalui Kampus V Parepare UNM.

“Setelah saya kemukakan keinginan dan wacana kami untuk hadirkan fakultas kedokteran ternyata Pak Wali Kota memberikan respon yang besar, maka kemudian saya sangat bersyukur karena respon besar tersebut bisa ditindaklanjuti dan didukung kuat oleh Dr. Taufan Pawe,”katanya.

Husain Syam juga berpesan, melalui Fakultas ini nantinya kita akan bersinergi dengan seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Kota Parepare untuk menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Parepare dan sekitarnya.

“Ini modal awal kami untuk jauh berbenah kedepan, apalagi dengan hadirnya di Parepare tentunya kita lebih mendekatkan kepada masyarakat yang ada di sekitar Kota Parepare, sehingga pendidikan bisa diraih dengan mudah dan tentunya masyarakat kita bisa mendapatkan pendidikan yang lebih layak dan berpariasi,”urainya.
(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top