Parepare

Komite Medik RSUD Andi Makkasau Paparkan Cara Pencegahan Wasir

AKARBERITA.com, Parepare – Hemoroid atau biasa disebut dengan Wasir/ambeien merupakan suatu kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus mengalami pelebaran jika kondisi ini berlanjut tanpa adanya tindakan medis bisa berakibat fatal yang ditandai dengan adanya perdarahan berwarna merah terang setelah buang air, gatal sekitar anus, nyeri disekitar anus serta adanya benjolan yang keluar dari anus.

Anggota Komite Medik RSUD Andi Makkasau, Mahyuddin Rasyid menjelaskan wasir bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani . Pembukuh darah yang membesar bisa menjadi stretch dan pecah yang berakibat pada pendarahan di anus.

Mahyuddin membebrlan bebrapa gejala yang mungkin terjadi akibat Wasir atau Ambeien.

“Diantaranya perasaan gatal di sekitar anus, ada gumpalan daging terasa di sekitar vania, perasaan sering ingin BAB, pendarahan dari lubah anus tanpa ada rasa sakit srta perasaan sakit di bagian anus yang dirasakan saat duduk, ” beber dokter ahli bedah tersebut.

Mahyuddin menyarankan jika merasakan gejala-gejala tersebut agar segera berkonsultasi dengan dokter .

“Ada beberapa metode pengobatan seperti merendam air hangat untuk mengurangi pembengkakan, diet dengan mengkonsumsi air dan makanan berserat, lakukan kebiasaan baik dengan tidak duduk terlalu lama serta olahraga teratur serta tidak. Menahan jika ingin BAB, sebelum mengkonsumsi obat konsultasikan ke dokter, “jelasnya.

Mahyuddin juga menjelaskan penderita wasir sudah harus menjalani pengobatan serius jika sudah merasakan beberapa gejala klinis seperti muncul pendarahandari lubang anus atau pendarahan segar saat BAB, merasa lemas, suka pusing dan kelihatan pucat, ambeien yang biasanya bisa ditekan masuk tidak mau masuk dan tetap membengkak dimliar serta menderita kesakitan hingga sulit beraktifitas.

“Jika sudah mengalami gejala tersebut, penderita biasanya akan mendapat tawaran dari dokter untuk memilih penanganan wasir non bedah atau bedah. Jika pengobatan non bedah tidak menyembuhkan kondisi wasir yang diderita, dokter bisa menyarankan ambeien tersebut untuk dioperasi, “tutupnya.

(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!