Parepare

Kampus ITH Parepare Tahun Ini Mulai Terima Mahasiswa Baru

AKARBERITA.com, Parepare – Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare, tahun ini mulai menerima mahasiswa baru terus membuka diri untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Kehadiran ITH sebagai perguruan tinggi negeri yang baru, harus dikenal luas oleh masyarakat khususnya di Kota Parepare dan sekitarnya, serta secara umum Sulawesi Selatan dan nasional.

Karena itu, ITH menginisiasi kegiatan bertajuk Bincang Santai, Lebih Dekat dengan ITH yang mengundang masyarakat umum di Hotel Parewisata Parepare, Selasa, 5 Juli 2022.

Hadir Rektor ITH, Prof Dr Ansar Suyuti, yang memaparkan secara umum tentang ITH. Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) ini menekankan bahwa kehadiran ITH berlandaskan cinta. Dan pilihan kuliah di ITH adalah salah satu jalan menuju sukses.

“Semuanya berlandaskan cinta. Diawali dari cintai diri sendiri. Termasuk saya ke Parepare karena cinta. Dan kuliah di ITH adalah 1001 jalan menuju sukses,” kata Prof Ansar Suyuti.

Wakil Rektor Bidang Akademik ITH Dr Eng Armin Lawi SSi MEng memaparkan tentang jalur seleksi penerimaan mahasiswa ITH tahun akademik 2022-2023, program studi yang dibuka, hingga SPP atau UKT.

Termasuk penekanannya bahwa ITH adalah perguruan tinggi negeri nasional, bukan milik Pemda, tapi milik Pemerintah RI di bawah naungan Kemendikbudristek.

“Tapi penerimaan mahasiswa kami membuka peluang lebih besar untuk putra daerah lokal. Karena itu ITH membuka jalur mandiri lokal, supaya membuka peluang lebih besar putra putri daerah untuk diterima ITH,” ungkap Armin.

Seleksi tahun ini dibuka melalui tiga jalur, yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Mandiri, Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK), serta Penghafal Al-Qur’an atau Hafiz Qur’an.

Sementara Program Studi (Prodi) yang dibuka adalah Matematika, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi.

“Kalau SPP menggunakan metode Uang Kuliah Tunggal atau UKT empat level. Level satu mulai dari 0 sampai Rp500 ribu, level dua Rp500 ribu sampai Rp1 juta, level tiga Rp1 juta sampai Rp2 juta, level empat Rp2 juta sampai Rp3 juta. Tapi nantinya porsi lebih besar adalah untuk level satu dan level dua,” terang Armin.

Ke depan, kata Armin, seiring dengan terus berkembangnya ITH, juga akan diprogramkan beasiswa bagi mahasiswa.

Dalam Bincang Santai juga diperkenalkan para dosen yang akan mengajar di ITH. Ada 15 dosen PNS yang baru terangkat, masing-masing lima orang di Prodi Matematika, lima orang Prodi Teknik Informatika, dan lima orang Prodi Sistem Informasi. Para dosen ini lulusan perguruan tinggi ternama di Indonesia bahkan ada lulusan luar negeri seperti Inggris dan Polandia.

ITH pada penerimaan perdana ini akan menerima 360 mahasiswa. Terdiri dari 80 mahasiswa Prodi Matematika, 120 Prodi Sistem Informasi, dan 160 Prodi Teknik Informatika.

Pendaftaran secara online mulai dibuka 1 Juni 2022 sampai dengan 8 Juli 2022. Kemudian seleksi ujian mandiri pada 11 sampai 15 Juli 2022, seleksi POSK dan Hafiz Qur’an 18 sampai 22 Juli 2022, dan pengumuman hasil seleksi pada 29 Juli 2022. Setelah itu, tahap verifikasi UKT pada 29 Juli 2022 sampai 5 Agustus 2022, pembayaran UKT 29 Juli 2022 sampai 9 Agustus 2022, hingga pendaftaran ulang pada 29 Juli 2022 sampai 12 Agustus 2022.

Kampus ITH ada tiga. Masing-masing kampus satu berada di bekas Kantor BKPSDMD Parepare, kampus dua di bekas Gedung Pemuda Pemuda Parepare, dan kampus tiga yang segera dibangun di Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare.
(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top