Parepare

Hadirkan Pendidik Profesional, Pemkot Parepare Gelar Seleksi Guru Berprestasi

AKARBERITA.com, Parepare – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, melaksanakan seleksi guru berprestasi jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2022.

Kegiatan itu mengangkat tema “Tingkatkan Pendidikan Eratkan Kebudayaan”, digelar di Hotel Bukit Kenari, Rabu (8/6/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Arifuddin Idris, mengatakan seleksi guru berprestasi itu dilaksanakan untuk memberikan ruang kepada guru dalam mengukur kemampuannya berdasarkan indikator-indikator penilaian yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan seleksi guru berprestasi kata dia, dimulai dari jenjang SD yang dilakukan di tingkat kecamatan dan selanjutnya mengikuti seleksi di tingkat kota.

“Seleksi tingkat kota jenjang SD diikuti 12 orang guru, sementara jenjang SMP diikuti 13 orang guru,” bebernya.

Arifuddin menjelaskan, guru berprestasi yang lolos di tingkat kota, selanjutnya akan mengikuti lagi seleksi di tingkat provinsi, dan bahkan ke tingkat nasional jika lolos.

“Guru berprestasi yang lolos ditingkat kota, diharapkan dapat menjadi contoh dan menjadi narasumber bagi guru lain di kelompok kerjanya yaitu, di kelompok kerja guru (KKG) yang selama ini dilaksanakan,” pungkasnya.

Selain itu lanjut Arifuddin, guru berprestasi dapat menjadi sebuah motivasi bagi guru lain untuk lebih meningkatkan potensinya sebagai guru profesional.

“Kalau kualitas guru bagus, maka outpnya juga pasti bagus, anak-anak kita akan mendapatkan pelayanan pendidikan yang sesuai standar,” terangnya.

Arifuddin menuturkan, adapun juri pada seleksi guru berprestasi di tingkat kota adalah dari unsur pengawas sekolah dan kepala sekolah berprestasi yang pernah menjadi juara nasional berdasarkan pengalaman dan praktiknya.

Sementara itu, Juri Guru Berprestasi, Nursyamsi menguraikan, ada empat aspek yang menjadi penilaian bagi calon guru berprestasi.

“Penilaian tes tertulis, presentasi karya ilmiah, wawancara, dan penilaian portofolio yang dikumpul dari tahun 2019 hingga 2022,” tambahnya.

Kepala UPTD SMP Negeri 13 ini menambahkan, hasil seleksi guru berprestasi itu akan diumumkan sepekan setelah pelaksanaan seleksi hari ini.
(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top