Parepare

Festival Salo Karajae Parepare Masuk Agenda Nasional KEN Tahun 2022

AKARBERITA.com, Parepare – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) baru-baru ini menetapkan Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022.

 

Sebanyak 110 agenda wisata bakal hadir di KEN 2022 itu. Salah satu event diantaranya yakni Festival Salo Karajae Kota Parepare Sulawesi Selatan.

 

Festival Salo Karajae sebelumnya terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada penilaian Event Kharisma Nusantara 2022 yang laksanakan Februari lalu.

 

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyampaikan rasa syukur atas capaian itu.

 

“Alhamdulillah, atas nama pemerintah kota Parepare kami sangat bersyukur. Ini bukti kegiatan tahunan festival wisata kita diperhitungkan di tingkat nasional,” ungkapnya, Rabu (2/03/2022).

 

Ditambahkan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Priwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka, apa yang telah dicapai tersebut tidak lepas dari bimbingan dan komitmen wali kota Taufan Pawe dalam upaya mengembangkan sektor kepariwisataan di Kota tempat lahirnya Presiden RI ke-3 BJ. Habibie.

 

“Komitmen dan upaya bapak wali kota dalam mengembangkan sektor kepariwisataan telah membuahkan hasil maksimal. Kita juga berterimakasih kepada masyarakat dan lembaga DPRD yang telah mendukung pelaksanaan event,” kata Hamka.

 

Hamka mengungkapkan, Festival Salo Karajae pada tahun 2020 lalu juga berhasil menembus 100 Wonderful Event Indonesia.

 

Festival Salo Karajae, kata alumni STPDN itu, adalah event tahunan yang sudah masuk Top Event kalender nasional. Event itu diadakan di pesisir Sungai (Salo) kawasan Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

 

Festival Salo Karajae menjadi salah satu strategi Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dalam mempromosikan destinasi wisata Parepare, dengan melibatkan masyarakat pesisir dan pelaku ekonomi kreatif di kota bertajuk kota cinta tersebut.

 

Selain Festival Salo Karajae Parepare, empat event lainnya dari Sulawesi Selatan juga ditetapkan dalam KEN Tahun 2022, yaitu Festival Phinisi, Festival Takabonerate, Festival F8 Makassar, Festival Budaya To Berru, dan Festival Lovely Desember.

(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top