Parepare

Dinkes Parepare Skrinning TB Nakes Peringati Hari TB Se-Dunia

PAREPARE, akarberita. com – Dalam rangka memperingati hari Tuberkulosis sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret mendatang, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas untuk melakukan Skrining terhadap petugas kesehatan.

Skrining TB bagi petugas kesehatan pertama dilakukan di Rumah Sumantri, Selasa (22/3/2022).

Pengelola program TB Dinas Kesehatan Kota Parepare, Bakri menjelaskan, bahwa kegiatan skrining bagi petugas kesehatan ini sebagai rangkaian memperingati hari TBC sedunia, dimana dilakukan skrining bagi semua petugas kesehatan yang ada di Kota Parepare, sebagai proteksi dini penyakit menular seperti TB.

“termasuk yang dilakukan pada awal-awal ini pada Rumah Sakit Sumantri dan Puskesmas Lumpue, di hari yang sama. Kegiatan ini tentunya untuk memastikan petugas-petugas yang ada di Rumah Sakit Sumantri dan Rumah Sakit atau di Puskesmas itu tidak ada yang mengalami gejala-gejala TBC yang tidak melakukan pengobatan, atau yang tidak melakukan pemeriksaan. Jadi teman-teman disini berinisiatif untuk melakukan screening dulu,”Jelas bakri.

Apabila didapatkan dari hasil skrining ada yang bergejala tambahnya, langsung ditindaki dengan penagmbilan sampel untuk dilakukan pemeriksaan di Laboratorium.

Sementara Penanggung Jawab TB Rumah Sakit Sumantri Parepare, Sulfadli mengatakan, Rumah Sakit bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan dini penyakit TB yang dilakukan ke seluruh petugas kesehatan RS Sumantri.

“Sejauh ini sementara kami melaksanakan sekitar 44 orang dan sementara masih berjalan sampai pukul 11 siang. Petugas kesehatan rs sumantri dan keluarga. Screening ini melalui aplikasi yang disediakan oleh dinkes yang kami gunakan,”Terang Sulfadli.

Dari hasil skrining sementara, terdapat dua orang petugas kesehatan yang terduga bergejala TB. Dan itu kata dia, akan dilakukan pengambilan sampel dahak untuk pemeriksaan selanjutnya.(ad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top