Edukasi

SIA Salurkan Bantuan Pendidikan Pertamina di Dusun Cindakko

SIA
Komunitas Sikola Inspirasi Alam (SIA), yang membantu PT Pertamina menyalurkan bantuan sarana dan prasarana sekolah ke sekolah terpencil yang ada di Desa Cindakko. -Yudha/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Maros – Bekerjasama dengan komunitas relawan pendidikan Sikola Inspirasi Alam (SIA), PT Pertamina menyalurkan bantuan sarana dan prasarana sekolah terpencil di Dusun Cindakko, Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.

Unit Manajer Communication and CSR MOR VII Roby Hervindo mengatakan, bantuan yang diberikan adalah bentuk kepedulian Pertamina di bidang pendidikan. “Kita harapkan, ini menjadi awal peningkatan pendidikan di Desa Cindakko,” katanya.

Berdasarkan data dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud menyebutkan, tahun 2016-2017 lalu, setidaknya tercatat 2.550 anak jenjang pendidikan dasar di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tidak bersekolah. Kondisi tersebut, kata Roby, tergambar di Cindakko. Kendalanya, pelajar setempat sangat sulit mendapat akses pendidikan yang layak.

Pihaknya berharap, tambah Roby, melalui kemitraan dengan Pertamina, kualitas pendidikan di daerah-daerah terpencil secara bertahap bisa meningkat. Dia memaparkan, inisiatif serupa juga dilakukan Pertamina pada daerah terpencil lainnya di wilayah Indonesia, diantaranya Tapal Batas di Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Sementara Ketua SIA Satriani Muliyadi mengatakan, bantuan yang diantarkan langsung puluhan anggota komunitas SIA tersebut, sekaligus sebagai momen jelang perayaan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei mendatang dan perayaan milad SIA ke dua tahun.

Adapun bantuan yang disalurkan, diantaranya seragam sekolah, sepatu, buku, peralatan shalat, bak air, material bangunan dan alat pertanian. “Dan pada milad SAI mendatang, akan kita gelar diskusi publik bersama Ikatan Guru Indonesia bertema peran relawan sebagai guru bantu di daerah terpencil pada 2 Mei mendatang.

(Yudha)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!