Halo Kecamatan

Kearifan Lokal  Dalam Festival Mallipa Bacukiki

mallipa
Sejumlah wisatawan asing ketika dipandu menggunakan sarung saat menghadiri dan menyaksikan Festival Mallipa yang digelar pagi tadi di Bacukiki. -Jeri/AkarBerita-

AKARBERITA.com, Parepare – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DKOP) Kota Parepare, menggelar Festival Mallipa (mengenakan sarung). Kegiatan dipusatkan di lokasi situs budaya Bacukiki, Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Sabtu (17/3).

Dalam kegiatan tersebut, ditampilkan berbagai budaya tradisional diantaranya mappadendang, tarian gandrang bulo dan seni bela diri. Digelar pula sejumlah lonba yang semakin menambah semarak kegiatan yang menjadi agenda tahunan tersebut, diantaranya lomba menangkap itik, menggendong istri, dan tarian gandrang bulo tingkat sekolah dasar.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Parepare Lutfie Nasir mengatakan, memasuki tahun keempat pelaksanaan Festival Mallipa, diharapkan bisa memberi dampak positif terhadap perekonomian di Parepare, utamanya bagi warga setempat

Lutfie menekankan, agar ke depan Festival Mallipa masuk dalam kalender pariwisata provinsi, agar ikut menjadi agenda tahunan sehingga dapat lebih dikenal secara luas. “Terlebih, muatan lokal pada kegiatan festival mallipa sangatlah kental. Dan itulah yang harus dipertahankan.

(Jeri)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!