Figur

Sergei Eisenstein Dalam Google Doodle Hari Ini

-ilustrasi/net-

AKARBERITA.COMGoogle Doodle hari ini menampilkan sosok pria yang memegang roll film bernama Sergei Mikhailovich Eisenstein. Dia sutradara asal Uni Soviet dan dikenal sebagai sutradara yang revolusioner dengan film-filmnya, Strike, October, Alexander Nevsky, dan Ivan the Terrible, seperti yang dilansir detik.com.

Dikenal dengan Sergei Eisenstein, sutradara itu juga disebut Bapak Montase. Lahir pada 22 Januari 1898 dari keluarga menengah dan meninggal pada 11 Februari 1948, konon karena serangan jantung. Google sendiri, menjadikannya Google Doodle sosok tersebut dalam rangka memperingati ulang tahunnya ke-120 tahun.

Selain berkecimpung di dunia film, Sergei juga dikenal sebagai seorang penulis yang telah menghasilkan beberapa buku yang bercerita tentang film buatannya, diantaranya ‘Film Form‘ dan ‘The Film Sense‘.

Dalam buku-buku karyanya, Sergei memaparkan pentingnya montase, selain membeberkan cara membuatnya secara lengkap.

Teknik montase sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana sebuah peristiwa terjadi. Sergei sendiri menilai jika montase adalah salah satu inti film di bioskop.

Sebelum terjun ke dunia film, Sergei Eisenstein pernah mengenyam pendidikan di Petrograh Institue of Civil Engineering. Dia mengambil program studi arsitektur dan teknik.

Dan dia meninggalkan kampus demi bergabung dengan Red Army dan mendapat penempatan di Minsk. Dan di sinilah segala hal seni yang melekat padanya berawal.

Bagi negaranya, Sergei adalah salah satu pahlawan. Pada Januari 1998, Bank Rusia mengeluarkan dua koin edisi khusus untuk memperingati ulang tahunnya ke-100.

(*)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!